Tips Ampuh Atasi Sariawan

tips kesehatanSariawan atau dalam bahasa kedokteran dikenal dengan nama stomatitis aftosa merupakan suatu kelainan yang terjadi pada selaput lendir mulut berupa luka berbentuk bercak putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Sariawan merupakan salah satu masalah yang sangat sering muncul yang mengganggu kesehatan mulut. Penyakit ini tergolong penyakit ringan namun rasa sakit yang muncul tenggelam akan sangat mengganggu dan menyebabkan rasa tidak nyaman di saat makan ataupun minum. Ada banyak sekali penyebab munculnya sariawan ini antara lain karena tergigit saat mengunyah makanan, terlalu sering mengonsumsi makanan yang panas atau pedas, penggunaan produk kesehatan yang tidak cocok dengan mulut, kekurangan vitamin C dan vitamin B12, adanya benda asing di dalam mulut seperti penggunaan gigi palsu, namun yang lebih marak lagi akhir-akhir ini adalah karena penggunaan kawat gigi dan sejenisnya untuk merapikan struktur gigi yang kurang sempurna posisinya, serta kurangnya menjaga kebersihan mulut seperti jarang menggosok gigi, jarang minum dan sebagainya.

Bagaimana Sariawan Bisa Sembuh?

Ada berbagai macam cara untuk menghilangkan rasa sakit serta mengobati sariawan antara lain dengan menggunakan obat parasetamol atau mefenamat. Namun jika Anda enggan untuk menggunakan obat-obatan tersebut tentunya Anda juga bisa mengonsumsi obat-obatan alami yang ada di sekitar kita antara lain:

  1. Minum air kelapa. Air kelapa dikenal dengan pendinginannya yang dapat menenangkan sistem pencernaan sangat baik untuk mengatasi dehidrasi dan mengobati sariawan.
  2. Membuat pasta dengan campuran pisang dan madu. Caranya adalah dengan menghaluskan buah pisang lalu dicampurkan dengan madu, setelah itu oleskan pada bagian yang terkena sariawan. Hal ini bertujuan untuk mencegah peradangan.
  3. Mengunyah daun jambu biji juga merupakan cara untuk mengobati sariawan. Caranya adalah dengan mengunyah beberapa lembar daun jambu biji lalu berkumurlah.
  4. Mengonsumsi yoghurt dapat menjaga keseimbangan bakteri dalam mulut. Dengan demikian Anda dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan.
  5. Berkumur dengan rebusan kulit manggis. Kulit manggis selain terkenal melawan radikal bebas juga berguna sebagai anti inflamasi.
  6. Memperbanyak mengonsumsi buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian seperti tomat dan jeruk.

Related posts:

Comments are closed.