Nama Bayi Laki-Laki Islam yang Dilarang

nama bayi laki-laki islamSebagai orang tua, kita harus selektif dalam memilih nama bayi laki-laki Islam. Sebagaimana sabda Rasulullah dalam hadits riwayat Abu Daud, Ad-Daamiriy, dan Al-Baihaqi, “Sesungguhnya kalian akan dipanggil pada hari kiamat dengan nama kalian dan juga nama bapak-bapak kalian. Maka baguskanlah nama-nama kalian.” Jadi saat kita dibangkitkan di hari kiamat nanti, kita sudah tidak lagi membawa jasad ini. Jasad kita akan diganti dengan jasad yang baru, sedangkan yang kita bawa hanya jiwa dan nama. Oleh karena itu, dalam memilih nama bayi harus sebaik mungkin. Sebisa mungkin hindari nama-nama terlarang di bawah ini.

Nama Bayi Laki-Laki Islam yang Terlarang

Nama bayi laki-laki Islam yang terlarang, di antaranya adalah menggunakan nama Abd diikuti dengan nama selain nama-nama Allah. Allah telah menamai diri-Nya dengan 99 nama Asmaul Husna, dan juga beberapa nama lain di dalam hadits. Walaupun demikian, nama Allah jumlahnya tak terbatas karena bahasa manusia tidak mampu untuk membahasakan semua nama Allah. Allah memurkai nama-nama yang mengandung penghambaan kepada selain-Nya, seperti Abdul Ka’bah, Abdul Uzza, Abdul Latta, Abdus Syamsu, dan yang lainnya. Termasuk penghambaan kepada orang-orang saleh, seperti Abdu Umar, Abdu Abu Bakar, bahkan termasuk para nabi, seperti Abdu Muhammad, Abdur Rasul, Abdun Nabi, dan sebagainya. Apalagi Abdus Syaiton.

Selanjutnya nama yang diharamkan adalah menggunakan nama-nama Allah tanpa diawali Abd. Misalnya Ar-Rahman, Al-’Aziz, Al-Khaliq, dan lain-lain. Adapun terdapat perbedaan pendapat jika penamaannya tanpa menggunakan Al. Al dalam bahasa Arab merupakan penanda isi makrifah atau kata benda khusus. Al tidak ada padanan katanya dalam bahasa Indonesia, sedangkan dalam bahasa Inggris diterjemahkan dengan The. Ada yang berpendapat boleh menggunakan nama Rahman dan sebagainya dalam bentuk nakirah atau kata benda bebas tanpa diawali Al, ada juga yang berpendapat tidak boleh. Adapun menggunakan nama “Allah” untuk nama bayi laki-laki Islam jelas haram. Diharamkan juga untuk memberi nama bayi dengan nama setan, seperti Iblis, Khanzab, atau nama orang jahat seperti Amr bin Luhay, Musailamah, dsb.

Related posts:

Comments are closed.