Mengupas Tuntas Penyebab Katarak

penyebab katarakLensa mata yang normal adalah yang mempunyai struktur posterior iris yang transparan, jernih, mempunyai kekuatan refraksi yang besar dan berbentuk seperti kancing baju. Lensa terdiri dari nukleus, korteks dan yang mengelilingi keduanya yaitu kapsul anterior dan posterior. Seiring dengan bertambahnya usia seseorang, nukleus dapat mengalami perubahan menjadi coklat kekuningan. Jika lensa mata mengalami perubahan fisik dan kimiawi maka akan menyebabkan perubahan tingkat kejernihan lensa mata sehingga lama-kelamaan tidak jernih lagi. Hal tersebut dapat menyebabkan hilangnya transparansi lensa mata. Seperti yang telah diketahui bahwa perubahan kimia dalam protein lensa dapat menyebabkan koagulasi yang dapat mengabutkan pandangan sehingga menghalangi jalannya cahaya ke retina.

Mencegah Penyebab Katarak Sejak Dini

Penyakit katarak biasanya menyerang orang yang berusia diatas 40 tahun. hal tersebut karena semakin bertambahnya usia, enzim akan berkurang. Padahal enzim mempunyai fungsi dalam melindungi lensa dari degenerasi. Tentu saja penyebab katarak tidak hanya disebabkan oleh usia saja melainkan dapat disebabkan oleh faktor lain karena sering mengkonsumsi alkohol, merupakan perokok dan lain-lain. Gejala katarak yaitu terjadinya penurunan ketajaman penglihatan karena penglihatan seperti berasap, kemudian jika untuk membaca terasa silau jika penerangan terlalu kuat. Orang yang terkena gejala katarak akan senang membaca di tempat yang kurang terang. Kemudian orang yang mempunyai gejala katarak juga sangat terganggu dengan lampu dan matahari.

Pada pemeriksaan katarak, akan terlihat bahwa pupil mata kekuningan, abu-abu atau putih. Hal ini terjadi seiring dengan memburuknya katarak. Ketika katarak semakin bertambah parah, kacamata sekuat apapun tidak akan dapat membantu. Jika dilakukan pemeriksaan pada penderita katarak, akan tampak massa tebal yang terdiri dari kapsul anterior, massa lensa dan kapsul posterior. Penyebab katarak yaitu dapat karena faktor genetik dan juga lingkungan. Pada penyakit katarak terdapat katarak senil yang dapat dibagi menjadi 5 stadium, pertama stadium katarak insipen, stadium imatur, stadium matur dan yang terakhir stadium hipermatur. Pada stadium hipermatur katarak mengalami proses degenerasi lanjut dan akan menjadi keras, katarak juga dapat pula menjadi lembek atau mencair.

Related posts:

Comments are closed.