Keuntungan Membuka Usaha Modal Kecil

usaha modal kecilDalam memulai usaha modal kecil, memang memiliki banyak kelebihan dalam fleksibilitas operasional dan biaya operasional yang relatif lebih rendah. Karena itu usaha kecil banyak dipilih oleh para pemula. Dunia usaha di Indonesia, jenis usaha dibedakan berdasarkan besar modal yang dimiliki, aset, serta jumlah karyawan yang dimiliki. Pengertian usaha kecil sendiri adalah usaha produktif yang berdiri sendiri oleh perorangan atau badan usaha dan bukan merupakan anak perusahaan, bukan cabang perusahaan yang dimiliki dan dikuasai atau menjadi bagian baik secara langsung maupun tidak langsung. Di dalam UU No. 20 Tahun 2008 tentang UMKM, kriteria usaha kecil yaitu memiliki kekayaan bersih lebih dari 50 juta dengan kekayaan paling banyak 500 juta tidak termasuk tanah, bangunan atau tempat usaha. Memiliki hasil penjualan lebih dari 300 juta sampai paling banyak 300 juta pertahunnya.

Keunggulan Usaha Modal Kecil Dari Berbagai Sisi

Usaha dengan modal kecil memiliki banyak kelebihan bagi wirausahawan, karena pemilik dapat mengelola usaha secara mandiri dan bebas dengan modal kecil. Selain itu pemilik menerima seluruh laba dari hasil penjualan dan biasanya usaha modal kecil hanya fokus kepada kepuasan konsumen semata, juga dikenakan pajak relatif ringan. Usaha kecil juga ikut menggerakkan ekonomi bagi masyarakat di sekitarnya karena dapat menyerap tenaga kerja seperti ibu rumah tangga, remaja putus sekolah atau tidak memiliki keahlian khusus.

Dalam memulai usaha kecil tidak perlu menunggu waktu lama dalam mengambil keputusan mengingat usaha kecil bergantung kepada kebutuhan pasar yang terus berubah. Pada umumnya usaha kecil mampu bertahan, contohnya saja ketika inflasi di mana perusahaan besar beramai-ramai melakukan PHK kepada karyawannya. Berbeda dengan usaha kecil yang terus bertahan karena biasanya mereka tidak bergantung pada modal bank melainkan menggunakan modal pribadi atau patungan keluarga. Usaha kecil juga mudah didirikan karena memiliki prosedur hukum yang sederhana dan yang terakhir pemilik usaha modal kecil bebas membubarkan usahanya kapan saja sesuai kehendaknya karena tidak terikat dengan aturan pemerintah.

Related posts:

Comments are closed.