Apa Saja Hak-Hak Yang Dilindungi Oleh Hukum Saat Anda Gadai BPKB Mobil Anda?

gadai bpkb mobilBanyaknya tempat pegadaian yang hadir di tengah masyarakat saat ini membuat masyarakat menjadi mudah dalam akses pinjam-meminjam. Banyak barang yang bisa dijadikan untuk jaminan termasuk dengan gadai BPKB mobil. Sistem ini seolah memiliki sistem barter, yang mana ketika Anda menggadaikan surat berharga seperti tanda kepemilikan Anda atas mobil Anda. Anda akan mendapatkan uang pinjaman dalam sejumlah uang yang disesuaikan dengan jenis mobil. Salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan disini adalah prosesnya yang cepat. Anda sebagai orang yang menggadaikan juga memiliki hak tertentu yang bisa menguntungkan bagi Anda. Dan berikut ini hak-hak yang harus diketahui untuk para penggadai.

3 Keuntungan Sebagai Hak Yang Dimiliki Saat Anda Gadai BPKB Mobil

Saat kita melakukan gadai BPKB mobil, kita berharap bahwa masalah keuangan kita dapat selesai. Namun apa jadinya jika kita semakin memiliki masalah keuangan yang menjadi-jadi. Apalagi saat hutang kita sudah memasuki tanggal jatuh tempo, itu berarti kita dituntut untuk membayar saat itu juga. Namun kalau kita tidak bisa membayarnya, maka Anda akan dikenakan denda sebagai tambahan saat Anda membayar dan biasanya nominalnya berapa persen dari total keseluruhan hutang yang Anda  miliki. Dan ketika Anda benar-benar tidak bisa membayarnya dalam waktu yang cukup lama, akan datang seorang debt collector yang akan menanyakan bagaimana kejelasan dari hutang yang kita lakukan. Nah, jika Anda menghadapi situasi yang seperti ini Anda tidak perlu khawatir. Pihak kepolisian tidak berhak mengurusi permasalahan hutang piutang, karena itu termasuk pada hukum perdata. Kecuali jika memang ada surat perintah yang menyebutkan bahwa polisi tersebut berhak bertindak atas barang sengketa. Selain itu Anda juga memiliki hak jaminan fidusia, dimana Anda hanya menggadaikan surat berharga Anda saja. Sedangkan barangnya atau mobilnya tetap bisa Anda gunakan dengan bebas.

Selanjutnya hak yang terakhir adalah Anda bisa meminta bantuan kepada lembaga yang bersangkutan dengan masalah utang piutang yaitu YLKI atau BPSK (Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen). Bantuan yang dimaksudkan bukan untuk menghapuskan hutang, melainkan melakukan negosiasi bahwa Anda sebagai penghutang tidak bisa secara penuh membayar hutang misalnya saja atas gadai BPKB mobil Anda berdasarkan situasi yang ada.

Related posts:

Comments are closed.